You need to enable javaScript to run this app.

TUGAS MEMBUAT KONTEN

  • Senin, 01 April 2024
  • Administrator
  • 0 komentar
TUGAS MEMBUAT KONTEN

INFORMASI TUGAS INFORMATIKA
BAB 8 : Dampak Sosial Informatika

Setiap siswa membuat minimal 1 konten digital yang memuat salah satu tema dampak sosial informatika (ada di bagian bawah postingan ini).
adapun ketentuannya :

SYARAT WAJIB :
1. Diupload di media sosial : Youtube, Tiktok, IG, X, Facebook (postingan jangan di private)
2. Konten memuat "Dampak Positif/Negatif Informatika" + "judul tema yang diangkat"
3. Memuat identitas yang jelas di konten digital.
4. ORIGINAL
Dead line : 27 April 2024

Link Pengumpulan Tugas : KLIK DISINI

Contoh : KLIK DISINI

Catatan :
Untuk mengubah teks menjadi suara, dapat menggunakan aplikasi di link berikut https://ttsmaker.com/id

Sedangkan untuk logo senturi dapat unduh melalui link berikut KLIK DISINI

 

Jumlah skor yang didapat berdasarkan syarat yang sudah disampaikan di kelas.

Tema yang bisa diambil (pilih salah satu):
Dampak Positif
1. Akses informasi: Mempermudah dan mempercepat akses informasi dari berbagai belahan dunia.
2. Komunikasi: Mempermudah komunikasi dan menjalin hubungan dengan orang lain tanpa batasan ruang dan waktu.
3. Pendidikan: Meningkatkan akses dan kualitas pendidikan melalui platform online dan pembelajaran jarak jauh.
4. Bisnis: Meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis melalui otomatisasi, e-commerce, dan pemasaran digital.
5. Kesehatan: Meningkatkan kualitas layanan kesehatan melalui telemedicine, rekam medis elektronik, dan diagnosis dini.
6. Pemerintahan: Meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pemerintahan melalui e-government dan layanan online.
7. Ekonomi: Meningkatkan peluang ekonomi dan menciptakan lapangan pekerjaan baru melalui industri digital.
8. Riset dan pengembangan: Mempercepat proses riset dan pengembangan melalui akses informasi dan kolaborasi online.
9. Hiburan: Memberikan akses ke berbagai macam hiburan seperti musik, film, dan game online.
10. Kreativitas: Meningkatkan peluang untuk berkreasi dan mengekspresikan diri melalui platform digital.
11. Kesadaran sosial: Meningkatkan kesadaran sosial dan mendorong gerakan sosial melalui media sosial.
12. Aksesibilitas: Mempermudah akses bagi penyandang disabilitas terhadap berbagai layanan dan informasi.
13. Inklusi: Meningkatkan inklusi dan kesetaraan dalam berbagai bidang melalui teknologi informasi.
14. Pelestarian budaya: Membantu melestarikan budaya melalui digitalisasi dan dokumentasi.
15. Kesadaran lingkungan: Meningkatkan kesadaran dan mendorong aksi untuk menjaga lingkungan melalui platform digital.
16. Kualitas hidup: Meningkatkan kualitas hidup masyarakat secara keseluruhan.

Dampak Negatif
1. Ketergantungan: Ketergantungan berlebihan pada teknologi dapat menyebabkan dampak negatif pada kesehatan fisik dan mental.
2. Kecanduan: Kecanduan internet, media sosial, dan game online dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan menimbulkan masalah sosial.
3. Cyberbullying: Bullying online dapat menyebabkan depresi, kecemasan, dan bahkan bunuh diri.
4. Kejahatan cyber: Pencurian data, penipuan online, dan hacking dapat menyebabkan kerugian finansial dan reputasi.
5. Penyebaran informasi yang salah: Hoax dan misinformasi dapat menimbulkan kebingungan, keresahan, dan perpecahan sosial.
6. Plagiarisme: Kemudahan akses informasi dapat mendorong plagiarisme dan pelanggaran hak cipta.
7. Kesenjangan digital: Kesenjangan akses dan kemampuan teknologi dapat memperparah kesenjangan sosial dan ekonomi.
8. Degradasi moral: Konten negatif dan pornografi online dapat merusak moral dan nilai-nilai budaya.
9. Penipuan online: Penipuan online dengan berbagai modus dapat menyebabkan kerugian finansial.
10. Kehilangan privasi: Penyalahgunaan data pribadi dapat membahayakan privasi dan keamanan individu.
11. Gangguan kesehatan: Paparan layar yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan penglihatan, kelelahan mata, dan masalah kesehatan lainnya.
12. Gangguan tidur: Penggunaan teknologi sebelum tidur dapat mengganggu pola tidur dan menyebabkan insomnia.
13. Kurangnya interaksi sosial: Terlalu fokus pada teknologi dapat mengurangi interaksi sosial dan hubungan interpersonal.
14. Kesepian: Keterasingan dan kesepian dapat meningkat akibat penggunaan teknologi yang berlebihan.
15. Risiko obesitas: Kurang aktivitas fisik dan gaya hidup sedentary dapat meningkatkan risiko obesitas dan penyakit lainnya.
16. Penurunan kemampuan berpikir kritis: Ketergantungan pada teknologi dapat melemahkan kemampuan berpikir kritis dan menyelesaikan masalah secara mandiri.

Bagikan artikel ini:
WAHYUNI S.Pd.

- Kepala Sekolah -

Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas karunia dan hidayah-Nya, sehingga kita semua dapat membaktikan...

Berlangganan
Banner